Rabu, 01 Juni 2016

Bagaimana Cara Membuat Sup Sarang Burung?



Cara Membuat Sup Sarang Burung

Sup sarang burung ala cina adalah salah satu hidangan langka yang tidak saja terdengar sangat kotor, tapi kenyataannya lebih buruk dari pada itu karena sulitnya mendapatkan bahan utama hidangan ini, yaitu sarang burung itu sendiri. Ini bukan sarang biasa, tapi sarang burung yang terbuat dari ludah kental burung itu sendiri.

Sejak masa Dinasti Ming (Abad ke 14 hingga ke 17), hidangan sup sarang burung dikenal sebagai hidangan kelas tinggi. Tak ada kehormatan yang lebih besar lagi bagi seorang yang menghidangkan makanan ketika melayani para tamu selain menghidangkan makanan sup sarang burung. Sup yang bernilai tinggi karena kaya akan kandungan nutrisi serta bermanfaat bagi kesehatan. Sup mahal dan langka ini terbuat dari sarang sejenis burung walet atau burung layang-layang yang hidup di langit-langi gua yang terdapat di seluruh penjuru Asia Tenggara. Sarangnya terbuat dari air ludah burung walet yang mengental menjadi padat menyerupai karet sehingga dapat melekat di langit-langit gua.

Pekerjaan mengumpulkan sarang burung walet atau burung layang-layang dari dalam gua yang dipenuhi dengan kelelawar adalah jenis pekerjaan yang sangat kuno dan berbahaya. Dikatakan kuno karena pekerjaan tersebut betul-betul hanya membutuhkan kebernian dan kekuatan fisik untuk melakukannya. Para pengumpul sarang burung harus memanjat sangat tinggi, lalu menggunakan galah bambu panjang untuk mengambil sarang-sarang yang melekat di langit-langit gua.

Membuat sup sarang burung, sang koki harus merebus sarang burung tersebut dalam air kaldu ayam dengan api kecil selama beberapa jam hingga kenyal. setelah dimasak sarang burung burung akan lebih mudah dikunyah walau rasanya hambar, sehingga sering ditambahkan bumbu untuk menambah cita rasanya.

Salah satu alasan mengapa sup ini begitu digemari walau harganya selangit karena sup ini dipercaya bermanfaat mengatasi masalah paru-paru. Selain itu selama berabad-abad orang Cina telah menganjurkan anak-anak mereka untuk menyantap sup ini karena dipercaya dapat membantu pertumbuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar