Kamis, 02 Juni 2016

Fakta Unik Tentang Kopi Luwak


Mengapa kopi luwak harganya sangat mahal
Selain dikenal sebagai kopi termahal di dunia, kopi luwak juga merupakan kopi ciri khas Indonesia, yang juga dipercaya sebagai kopi terbaik di dunia, serta santa populer di Jepang dan Amerika Serikat. Sangat menakjubkan, saat mengetahui bahwa bubuk kopi luwak berasal dari biji kopi yang telah dimakan oleh hewan bernama luwak. Lalu biji kopi tersebut dikeluarkan kembali bersama kotorannya.

Luwak adalah binatang mamalia seperti musang yang bertubuh kecil dan hidup di kawasan hutan hutan hujan tertentu di Inodnesia. Makanan kesukaan luwak adalah buah jenis keluarga berry, serangga dan mamalia kecil lainnya. Namun ternyata hewan ini juga ternyata penikmat biji kopi. Hebatnya luwak tidak sembarangan makan biji kopi, mereka hanya memilih biji kopi paling ranum dan matang. Biji-biji kopi tersebut hampir tidak berubah selama melalui proses pencernaan dalam tubuh luwak, sampai akhirnya dikeluarkan bersama kotorannya. Lalu dipanen oleh pemetik biji kopi yang dianggap kurang beruntung karena ia hanya berhasil memanen kopi dari kotoran luwak. Tetapi kemudian ia malah berhasil menjual biji-biji kopi tersebut dengan harga yang pantastis kepada penggemar kopi fanatik yang kaya raya. Untuk menikmati 57 gram kopi luwak yang hanya cukup untuk membuat secangkir kopi saja pembeli di Inggris harus membayar 25 poundsterling atau sekitar 375.000 rupiah. Sungguh suatu cara yang sangat mahal untuk menikmati secangkir kopi!
Tetapi apa sebetulnya yang menyebabkan rasa kopi luwak bisa sedemikian lezat? Ada dua kemungkinan. Pertama, cita rasanya yang luar biasa disebabkan oleh pengaruh cairan pencernaan luwak terhadap biji kopi. Kemungkinan kedua, cairan pencernaan luwak boleh jadi tidak ada pengaruhnya, tetapi tidak lebih karena kepandaian luwak saat memilih hanya biji kopi yang benar-benar matang dan ranum.


Saat ini produksi kopi luwak sudah dimodifikasi dengan memelihara hewan luwak dengan diberi menu makanan buah kopi yang sudah matang kemudian biji kopinya dipanen bersama kotorannya. Bagaimana ya kalo kucing suka biji kopi? Bisa jadi ada kopi kucing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar