Rabu, 01 Juni 2016

Kuliner Aneh, Telur Dadar Tarantula

Meski wujudnya menyeramkan, laba-laba tarantula dikenal sebagai makanan lezat oleh sejumlah masyarakat di beberapa belahan dunia. Misalnya, tarantula panggang disantap oleh Bushman alias Manusia Semak di Afrika Tengah. Sementara masyarakat di Thailand Utara suka memanggang laba-laba setelah kaki-kakinya dicabuti terlebih dahulu. Bangsa pribumi di Venezuela, Amerika Selatan yaitu suku Indian Piaroa juga merupakan manusia pemakan laba-laba. Mereka gemar menyantap tarantula berbulu raksasa pemakan burung yang punya nama ilmiah Theraposa Blondi, yaitu laba-laba yang memiliki panjang kaki mencapai 25 sentimeter ketika dibentangkan, sedangkan perutnya berukuran sebesar bola tenis, ukurannya mirip dengan piring makan yang biasa kita gunakan, wuihh!
Suku Piaroa gemar berburu tarantula. Ketika mereka berhasil menangkapnya, kaki-kaki tarantula itu ditekuk kearah berlawanan, lalu diikat di atas tubuhnya, sehingga mudah dibawa pulang ke perkampungan. Sebelum disajikan menjadi hidangan, mereka menggunakan daun untuk membalikan bagian perutnya agar mereka tidak menyentuh bulu-bulunya yang dapat menyebabkan kulit gatal. Kemudian laba-laba tarantula ini dibungkus menggunakan sehelai daun dan dipanggang di atas bara api. Setelah matang, mereka makan laba-laba tarantula dengan cara mencungkil dagingnya mirip seperti makan kepiting.
Cita rasa tarantula hampir mirip dengan udang, secuil dagingnya dapat terselip di gigi, tapi untungnya taring tarantula yang panjang dapat digunakan sebagai tusuk gigi yang sempurna!
Suku Piaroa yang berhasil menangkap tarantula betina, mereka akan menekan-nekan perutnya hingga keluar telur-telur dari tubuhnya. Kemudian telur-telur itu dibungkus dengan dalam sehelai daun dan dipanggang di atas api, maka jadilah telur dadar tarantula yang lezat.

Menyantap laba-laba juga populer di kamboja dan Laos. Di daerah tersebut laba-laba biasanya dipanggang di atas api menggunakan sejenis tusuk sate, lalu disajikan dengan garam atau sambal. Sebagiannya lebih suka dengan cara menggoreng laba-laba dalam mentega yang beri bumbu bawang putih. Mau? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar